Skip to main content

Lab 1 Switch Vlan Cisco

Lab 1 Switch Vlan Cisco

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pada lab kali ini saya akan mencoba untuk membuat vlan pada switch cisco. Vlan ini digunakan untuk memisahkan port pada switch, jika port tersebut berada pada vlan yang berbeda maka pc yang connect ke port tersebut tidakakan bisa saling berkomunikasi dengan pc yang connect ke port dengan vlan yang berbeda, meskipunn sudah satu jaringan.
Untuk membuktikannya mari kita coba konfigurasi vlan dengan layout seperti dibawah ini :


Pada gambar diatas semua pc sudah dikonfigurasi IP dengann /24. Dibawah ini contoh ping ke setiap pc.


Setelah semua pc sudah bisa saling terhubung mari kita lanjutkan dengan konfigurasi pada switch.


Untuk memulai konfigurasi ketika anda masuk ke switch cisco anda ketikan en /enable untuk mengaktifkan setelah itu ketikan conf ter / configure terminal untuk masuk ke konfigurasi switch.


Setelah anda masuk ke konfigurasi switch kita lanjutkan dengan menambahkan vlan. untuk menambahkannya anda lihat pada gambar diatas untuk membuat vlan anda ketikkan vlan lalu nomer vlan yang anda inginkan misal vlan 5, vlan 10. untuk memberikan nama anda ketikkan name nama yang ingin anda berikan ke vlan yang anda buat.


Setelah selesai membuat vlan mari kita lihat vlan yang sudah kita buat. Untuk meliat vlan yang selesai kita buat anda bisa mengetikan perintah do show vlan. pada gambar diatas terlihat bahwa
defaultnya semua port berada pada vlan 1, untuk itu kita perlu memindah port tersebut kedalam vlan yang sudah kita buat.


Untuk memasukkan port ke dalam vlan kita harus masuk ke port yang ingin dipindah vlan yang kita inginkan terlebih dahulu, untuk itu anda bisa ketikkan perintah int finterface yang anda pilih / jika lebih dari satu interface anda bisa ketiikan perintah berikut int finterface yang anda pilih,finterface yang anda pilih. Contoh int f0/1,f1/1. Selanjutnya jika sudah masukke interface maka kita lanjutkan dengan memasukkan interface tersebut kedalam vlan yang sudah kita buat, untuk memasukkannya anda bisa ketiikan perinyah berikut switchport mode access lalu ketikkan lagi switchport access vlan nomer vlan yang ingiin anda masukkan contoh 10. untuk contoh anda lihat pada gambar di atas.


Setelah anda masukkan setiap port ke dalam vlan yang anda buat, coba anda lihat pada table vlan dan lihat bahwa port / interface yang anda masukkan ke dalam vlan tadi akan masuk ke vlan yang anda masukkan contoh seperti gambar diatas.


Untuk membuktikan mari kita coba dengan ping dari pc0 ke setiap pc yang berbeda valn dan ping ke pc yang sesama vlan, maka nanti pc tersebut hanya akan bisa ping ke pc yang konnek keport dengan nomor vlan yang sama.

Sekian lab kali ini semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf sekian trimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Refrensi :

LAB CISCO CCNA Ahmad Rosid Komarudin


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lab 68 Arti Lambang Simple Queue

Lab 68 Arti Lambang Simple Queue Pada lab kali ini saya akan membahas tetang beberapa arti lambang pada simple queue. perlu anda ketahui  bahwa lambang berwarna pada simple queue memiliki arti. untuk mengetahuinya anda lihat di bawah ini : 1. Warna Merah, warna ini berarti bahwa penggunaan bandwidth pada klient sangat tinggi atau maximum. 2. Warna Kuning, warna ini berarti bahwa penggunaan bandwidth pada klient sedang atau setengah dari max limitnya. 3. Warna Hijau, warna ini berarti penggunaan bandwidth pada klient sangat sedikit ataupun dibawah setengah dari max limit yang diberikan. Sekian lab kali ini semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf sekian trimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Cara mengatasi Troubleshooting pada hardware dan software

Troubleshooting Hardware dan Software pada Komputer   Troubleshooting Pengertian Troubleshooting Troubleshooting adalah suatu cara untuk mencari suatu masalah dan menyelesaikannya secara sistematis. Troubleshooting dibagi menjadi dua yatu troublesh Troubleshooting Hardware Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain. Meski tidak menutup kemungnkinan juga gejala-gejala lambatnya komputer terjadi tidak hanya pada software tetapi juga troubleshooting hardware. Berikut ini adalah kode analisa suara troubleshooting tersebut : Bunyi ‘beep’ pendek 1 kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik. Bunyi ‘beep’ pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS. Bunyi ‘beep’ panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau

Pengertian Dan Cara Kerja CD/DVD-ROM

Pengertian Dan Cara Kerja CD/DVD-ROM CD-ROM adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis). Fungsi CD ROM dan DVD ROM Fungsi dari CDROM dan DVDROM Drive: Untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). Terdiri dari 2 jenis : CD/DVD R (Hanya mampu membaca data) CD/DVD RW (Mampu membaca & menulis data) Biasanya piringan CD-ROM berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari